Soal UM UGM Fisika

UM UGM adalah Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada yang diadakan dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu pendidikan untuk pembangunan bangsa, dengan pertimbangan:
1. UGM memiliki daya tampung terbatas.
2. UGM memiliki komitmen pada pengembangan SDM nasional.
3. UGM menyadari kemampuan ekonomi masyarakat yang beragam.
4. UGM memperhatikan masyarakat tidak mampu.
5. UGM memperhatikan pengembangan bibit unggul daerah.
6. UGM mendukung pengembangan bakat olahraga dan seni.
7. UGM memperhatikan potensi masyarakat yang peduli akan kualitas pendidikan.
Jenis Program UM UGM :
1. Seleksi Nasional
2. Penelusuran Bibit Unggul
3. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) bagi siswa berprestasi, tetapi tidak mampu secara ekonomi. Seleksi dilakukan melalui undangan secara nasional kepada para Kepala SMA di seluruh Indonesia untuk mengirimkan siswa cerdas, tetapi tidak mampu secara ekonomi. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004. Semua peserta bebas biaya pendaftaran dan peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
4. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dengan Beasiswa (PBUBB) bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang atau finalis olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis tingkat internasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas dan Tes Potensi Akademik (TPA). Peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
5. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional, atau finalis tingkat internasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas, Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Ilmu Pengetahuan Dasar (IPD), dan tes keterampilan.
6. Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD) bagi siswa SMA seluruh Indonesia dengan kemampuan akademik tinggi yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, dinas-dinas pemerintah di daerah, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas.
7. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Download :
UM UGM Fisika 2003
UM UGM Fisika 2004
UM UGM Fisika 2005
UM UGM Fisika 2006
UM UGM Fisika 2007
UM UGM Fisika 2008
UM UGM Fisika 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...