Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz
Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. Meskipun banyak upaya telah
dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti
menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika, kritikus jazz
Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan.
Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk
mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas. Berendt mendefinisikan jazz
sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui
konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia berpendapat bahwa
jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus
untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan' "," sebuah spontanitas
dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran ", dan"
kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz
melakukan ".
Travis Jackson juga mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz
yang mampu mencakup seluruh era yang berbeda secara radikal: ia
menyatakan itu adalah musik yang mencakup kualitas seperti "berayun",
improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu,
dan menjadi 'terbuka' untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard
mengklaim bahwa" jazz adalah membangun "atau kategori yang, sementara
buatan, masih berguna untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum
harus dipahami sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren ".
Sementara jazz mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas
salah satu elemen kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar
pola panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan
Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian dari
lagu kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga sangat
improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz.
dalam unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan
pendampingan kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu,
tujuan utama adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam jazz, Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan
cara yang sangat individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama
persis dengan cara yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan
pengalaman pribadi, interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota
audiens, seorang musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni
atau waktu penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan
media komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk kreativitas
egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai yang sama pada
kontribusi dari komposer dan pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim
masing-masing komposer dan improvisasi' .
Di New Orleans dan Dixieland jazz, performer bergantian bermain
melodi, sementara yang lain countermelodies improvisasi. Dengan era
swing, big band datang untuk lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan
entah tertulis atau dipelajari oleh telinga dan hafal - banyak artis
jazz awal tidak bisa membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi
dalam pengaturan ini. Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah
kelompok-kelompok kecil dan pengaturan minimal; melodi (dikenal sebagai
kepala "") akan dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian,
tapi inti dari kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi dalam
tengah. Kemudian gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan ketat
kemajuan akord, yang memungkinkan individu musisi berimprovisasi bahkan
lebih bebas dalam konteks skala tertentu atau mode. avant-garde dan
idiom jazz bebas izin, bahkan memanggil, meninggalkan chords, sisik, dan
meter berirama.
Telah lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan
batas-batas "jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh
pengaruh baru awalnya sering dikritik sebagai kehinaan "," Andrew
berpendapat Gilbert jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap dan
mengubah pengaruh" dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa
penggemar jenis tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang
mengecualikan berbagai jenis musik juga dikenal sebagai "jazz", musisi
jazz sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain.
Duke Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, "Ini semua musik."
Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz
karena diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh
solo Earl Hines's "transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl
Hines Dimainkan Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan
oleh Ben Ratliff, New York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh
yang baik dari proses jazz sebagai sesuatu di luar sana ".
Berorientasi komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz
bentuk memiliki keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop.
penggemar jazz tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz
[era fusi dan banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial
dari musik. Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan
"antara jazz sebagai musik komersial dan bentuk seni" catatan Gilbert
itu. Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, "prestasi
masa lalu" dapat menjadi "... istimewa atas kreativitas istimewa ..."
dan inovasi seniman saat Village Voice. jazz kritikus Gary Giddins
berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran jazz semakin
dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz adalah
menghadapi "sebuah. .. masa depan berbahaya kehormatan dan penerimaan
tertarik "David Ake. memperingatkan bahwa penciptaan" norma "dalam jazz
dan pembentukan tradisi jazz" "mungkin mengecualikan atau sampingan
lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga
muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar
Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di
satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat
ini jazz itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai penolakan
terhadap tradisi jazz penting.
0 komentar:
Posting Komentar